News Update :
Home » » kunyit dan segudang manfaatnya untuk kesehatan tubuh

kunyit dan segudang manfaatnya untuk kesehatan tubuh

Penulis : Unknown on Wednesday 4 March 2015 | 03:51

Kunyit dan segudang manfaatnya untuk kesehatan tubuh

kunyit dan segudang manfaatnya untuk kesehatan tubuh
Curcuma domestica vahl (Kunyit), atau lebih kita kenal dengan sebutan kunir oleh masyarakat jawa dan koneng dalam bahasa sunda. Tanaman ini tumbuh baik di indonesia dan mudah didapati dipasaran. Kunyit memang tidak asing lagi di kalangan ibu-ibu, kunyit ini biasanya menjadi salah satu bumbu masakan atau juga sebagai pewarna alami, elain memberi warna kunyit turut memberikan aroma yang khas dan menutup bau yang tidak enak yang muncul dari telur dan daging.

Kita semua pasti sudah pernah merasakan bagaimana rasanya kunyit ini. Ya, kita akan merasakan sensasi ketika makan kunyit, rasanya agak pahit dengan campuran sedikit pedas, berbaukhas aromatik, berwarna kuning dan tidak beracun. Perlu kita ketahui, senyawa kimia yang terkandung dalam rimpang kunyit adalah minyak atsiri dan kurkuminoid, warna kuning kunyit berasal dari kurkuminoid yang mengandung kurkumin. Aroma khasnya adalah dari minyak astiri yang mengandung alkohol seskuiterpen, rimpang kunyit juga mengandung protein, kalsium, fospor, besi, lemak dan gom.

Khasiat Kunyit
Kunyit dan segudang manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Kunyit telah digunakan selama lebih dari 2500 tahun silam di india, dimana kunyit ini kemungkinan besar pertama kali digunakan sebagai pewarna dan obat. Si kunyit ini banyak digunakan dalam pengobatan aryuveda karena memilki kualitas antiseptik dan antibakteri, memiliki efek yang sama dengan fluoride untuk gigi, menyembuhkan psoriasis dan peradangan sendi, serta membantu masalah pencernaan serta depresi.

Beberapa Khasiat dan Manfaat Kunyit 


- Kunyit berpotensi dalam pengobatan kanker. Pada penderita kanker, sel-sel kanker menjalar melalui pembuluh darah (metastasis) an jaringannya menjadi tumor. Angiogenesis juga terjadi, yaitu pertumbuhan pembuluh darah baru yang menyebar ke arah tumor untuk suplai nutrien, oksigen dan sirkulasi kotoran. Kurkumin mengobati kanker dengan menghambat laju pertumbuhan pembuluh-pembuluh darah baru tersebut.
- Selain memilki aktivitas antimikroba, antiradang dan antivirus, kunyit juga berpotensi meningkatkan jumlah anti oksigen dalam tubuh. Kurkumin, senyawa fenolik alami dalam kunyit, bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh
- Sebagai antikoagulan alami, kunyit dapat menghalangi pembekuan darah dan mencegah terjadinya trombosis
- Wanita yang mengalami masalah dengan haid dapat menggunakan kunyit uantuk mengatasinya, Efek farmatologis kunyit dapat melancarkan darah dalam haid serta mengurangi rasa nyeri dan lelah datang bulan.
- Sifat analgesik alami kunyit bekerja dengan menghambat Cox-2 yang mencetuskan rasa nyeri. Dengan sifat analgesik dan antiinflamasinya, kunyit dapat mengobati artritis dan rheumatoid artritis.
- Knyit dapat menurunkan tekanan darah, mengobati diare, sakit lambung, asma, usus buntu, dan rematik.
- Penyakit pikun dapat diperlambat dengan sering mengonsumsi kunyit dalam makanan. Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyakit pikun yang terjadi umumnya pada usia tua, ketika kapasitas fisik otak berkurang. Kunyit berpotensi memperpanjang jangka waktu abilitas kognitif otak. Beberapa penelitian membuktikan bahwa manula di Asia yang sering mengkonsumsi kare (curry) yang mengandung kunyit memiliki daya ingatan yang lebih baik daripada manula di benua lainnya.

Itulah segudang manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh manusia, semoga bermanfaat.
Share this article :

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Disclaimer

Copyright © 2015 Informasi Kita . All Rights Reserved.
Support by creating website | Powered by Blogger